Semarang, 15 November 2024 — Lembaga Penjaminan Mutu Internal (LPMI) STIEPARI baru-baru ini melakukan kegiatan benchmarking dengan Akademi Pengelolaan Industri (API) Jogjakarta, sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas akademik dan pengelolaan mutu lembaga di lingkungan STIEPARI. Kegiatan ini bertujuan untuk mempelajari praktik terbaik yang diterapkan oleh API Jogja dalam manajemen akademik, pengembangan kurikulum, serta implementasi teknologi informasi yang mendukung proses belajar mengajar. Selanjutnya dapat meningkatan mutu perguruan tinggi.
Acara benchmarking ini dilaksanakan di kampus API Jogja dan dihadiri oleh sejumlah pengurus LPMI STIEPARI yaitu Nina Mistriani, SE., M.MPar, Bayu Ade Prabowo, SS., MS , Ahmad Mansur, S.Pd., M.MPar, dan Dr. Drs. C. Susmono W., M.Par. Rombongan diterima dengan hangat oleh jajaran LPMI API Jogja. Selama kunjungan, tim LPMI STIEPARI, serta LPMI API Jogja, dosen, serta perwakilan dari berbagai unit akademik. Dalam kunjungan tersebut, delegasi LPMI STIEPARI mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi langsung dengan pengelola LPMI API Jogja mengenai strategi dan inovasi yang telah diterapkan dalam pengelolaan lembaga pendidikan tinggi. Fokus utama pembicaraan terletak pada upaya meningkatkan kualitas pendidikan melalui pengelolaan yang efisien dan dalam menunjang kegiatan akademik serta mutu perguruan tinggi melalui LPMI.
Peningkatan Kurikulum dan Pemanfaatan Teknologi
Salah satu hasil penting dari kegiatan benchmarking ini adalah pembelajaran terkait pengembangan kurikulum yang lebih adaptif terhadap kebutuhan industri. API Jogja berbagi pengalaman dalam memperbarui kurikulum secara berkala untuk memastikan bahwa materi yang diajarkan selalu relevan dengan perkembangan dunia kerja, menjadi perhatian utama dalam kunjungan ini.
Kerjasama yang Berkelanjutan
Kegiatan benchmarking ini tidak hanya bertujuan untuk pertukaran informasi dan pengalaman, tetapi juga membuka peluang untuk menjalin kerjasama yang lebih erat antara LPMI STIEPARI dan API Jogja ke depan. Kedua lembaga sepakat untuk saling berbagi pengetahuan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, serta mempersiapkan lulusan yang siap menghadapi tantangan industri. Kolaborasi ini diharapkan dapat memperkuat kualitas akademik kedua lembaga serta memperkaya pengalaman mahasiswa dalam proses belajar mengajar. Serta kerjasama adalam pengembangan mutu perguruan tinggi melalui program kerja LPMI.
Respons Positif dari Peserta
Para peserta dari STIEPARI merasa kegiatan benchmarking ini sangat bermanfaat, terutama dalam memberikan wawasan baru mengenai pentingnya adaptasi kurikulum terhadap perkembangan zaman dan teknologi. Beberapa dosen yang turut serta dalam kegiatan ini mengungkapkan harapan agar hasil diskusi ini dapat segera diterapkan di lingkungan STIEPARI, guna meningkatkan kualitas pendidikan dan daya saing lembaga.
Selanjutnya LPMI STIEPARI Semarang dapat bersama-sama memiliki informasi strategi peningkatan mutu Pendidikan pariwisata dan juga evaluasi mutu perguruan tinggi harus disesuaikan dengan berbagai aspek untuk selalu siyap dengan perubahan zaman terutama luaran mutu lulusan dan memperhatikan survey masukan mahasiswa sebagai tolak ukur peningkatan mutu. LPMI siyap menyediakan kolom saran secara manual ataupun tekhnologi untuk lebih cepat dalam menerima informasi masukan perbahan mutu Perguruan Tinggi,
Sebagai penutup, kegiatan benchmarking ini diharapkan menjadi langkah awal yang positif dalam memperkuat kerjasama antara LPMI STIEPARI dan API Jogja, serta memberikan kontribusi signifikan terhadap kemajuan pendidikan tinggi di Indonesia.